MUNCULNYA LARON SECARA TIBA-TIBA, PERTANDA APA YANG AKAN TERJADI?

  • Nov 15, 2023
  • Latsari

Pada hari Rabu tanggal 15 november 2023  muncul tiba-tiba laron di rumah-rumah warga Desa Latsari Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. Kemunculan laron di anggap sebagai pertanda musim penghujan datang, binatang yang satu ini pasti bergembira. Saking gembiranya , binatang ini akan berkumpul dengan teman-temannya atau berkoloni. Mereka berkumpul seakan-akan berpesta menyambut kedatangan musim penghujan.

 

Laron adalah serangga yang biasanya muncul saat penghujan.

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan masuknya laron ke dalam rumah Anda?

Kawanan serangga ini biasanya menyerbu tempat-tempat bercahaya, seperti didekat lampu-lampu yang menyala.

Kadang serbuan laron yang datang menjadi masalah bagi sebagian orang. Mayoritas orang merasa tak suka dengan kehadiran laron dan membuat orang tidak nyaman serta rumah menjadi kotor juga mendatangkan semut.

Sayap-sayap laron biasanya akan lepas, berserakan, dan tergolong sulit untuk dibersihkan. Namun ternyata, kehadiran laron justru bisa menjadi pertanda baik.

 

Di sisi lain, beberapa orang menganggap serbuan laron saat penghujan merupakan ladang rejeki.

Beberapa mitos meyakini bahwa laron bisa menjadi pertanda Anda akan mendapat rejeki berlimpah.

Mitos ini menyatakan bahwa jika menemukan laron dalam jumlah banyak di rumah atau dimanapun hal itu menandakan kalau musim hujan akan segera tiba.

 

Secara umum, kita tahu bahwa laron hidup dan tinggal didalam tanah dan hanya keluar pada musim tertentu yaitu saat penghujan. Saat musim hujan tiba, laron keluar dari sarangnya di dalam tanah lantaran terganggu dengan kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, laron berterbangan keluar untuk mencari sumber kehangatan, maka dari itu di malam hari laron keluar mendekati sumber cahaya seperti lampu untuk mendapatkan kehangatan yang dicari. Dengan datangnya musim penghujan disitu dimulailah awal yang baik untuk penanaman Cabe dan sudah ditunggu-tunggu oleh petani Desa Latsari Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban. (AK)